14 September 2020 12:05 WIB

5 Cara Sederhana Agar Bahan Bakar Efisien

Hemat bahan bakar merupakan keinginan setiap orang, apalagi para Hyundai Lovers yang menggunakan Hyundai yang tentunya efisien dalam bahan bakar.

Namun, sebaik apapun mobilnya, bila tidak didukung dengan kondisi yang sesuai, maka mesin tidak bisa bekerja seefisien dan seirit mungkin. Untuk itu, ada beberapa cara sederhana untuk memaksimalkan keiritan bahan bakar mobil Anda.

1. Cek Tekanan Ban

Ban yang kempes akan menambah beban pada kendaraan. Hal ini terjadi karena adanya rolling resistance yang semakin besar bila ban dalam kondisi kempis. Untuk itu, pastikan tekanan angin pada ban sesuai dengan spesifikasi mobil kalian. Kalian dapat menemuinya pada buku manual ataupun di balik pintu pengemudi.

2. Pantau Kondisi Mesin

Selalu pastikan kondisi mesin dalam keadaan baik dan tidak ada lampu peringatan yang menyala. Jika ada lampu indikator yang menyala, bawalah mobil Hyundai kesayangan Anda ke bengkel resmi terdekat agar masalah tersebut dapat diatasi. Selain itu, internal mesin juga ada baiknya dibersihkan pada periode tertentu agar bebas dari kerak karbon yang menumpuk. Mengganti oli secara rutin juga bisa memperlancar kinerja mesin supaya makin efisien.

3. Kurangi “Ngegas”

Saat berada di jalan yang padat, kurangi menginjak gas secara berlebihan yang dilanjutkan dengan rem. Biarkan mobil berjalan dengan pelan di saat macet. Injakan gas yang berlebihan akan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar.

4. Jaga Putaran Mesin

Pastikan putaran mesin tetap pada putaran rendah, sekitar 2.000 RPM. Ketika mengemudi jarak jauh seperti di jalan tol, jaga putaran mesin pada putaran rendah, dan jaga gigi pada gigi tinggi. Dengan begitu, konsumsi bahan bakar per KM akan lebih irit dan kabin juga tidak bising karena putaran mesin yang rendah.

5. Gunakan Eco Mode

Pada beberapa mobil Hyundai, tersedia mode berkendara ECO. Berkat mode berkendara ini, maka respons gas akan disesuaikan demi mendapatkan konsumsi bahan bakar sesedikit mungkin. Dengan fitur ini, tentunya mendapatkan konsumsi bahan bakar yang irit akan semakin mudah.

Hyundai Lovers, itulah beberapa tips singkat agar kendaraan tetap irit bahan bakar ketika jalan. Tentunya dengan teknologi yang ada pada mobil Hyundai, mendapatkan konsumsi bahan bakar yang irit akan lebih mudah.

Share