21 August 2020 09:56 WIB

5 Tips Rawat Pintu Geser Agar Tahan Lama

Perkembangan teknologi pada mobil berkembang sangat signifikan. Tak hanya bagian mesin, upgrade pun terjadi pada bagian sederhana seperti pintu. Pintu mobil awalnya hanya dibuka saja, tetapi saat ini model pintu mobil mengalami peningkatan level dengan konsep pintu geser (sliding door), pintu mobil yang sistem buka-tutupnya bergeser ke samping. Konsep ini disematkan pada mobil MPV andalan Hyundai yaitu H-1.

Kelebihan dari pintu geser sangat menarik seperti memberikan kesan elegan dan premium pada kendaraan, membuat pintu mobil dapat tertutup dengan rapat, mempunyai sensor keselamatan untuk mengurangi resiko terjepit pintu serta memudahkan penumpang ketika masuk maupun keluar mobil, terlebih saat mendapatkan parkir dengan ruang minim.

Pintu geser mempunyai 2 cara untuk membukanya yaitu otomatis dan manual. Kedua cara tersebut harus dibarengi dengan perawatan lebih untuk menjaga kinerja pintu geser agar bekerja maksimal dan tahan lama.

1. Jangan Buka-Tutup Pintu Saat Mesin Mati

Ini paling utama dan prioritas. Ketika kondisi mesin mati, usahakan pintu geser tidak sering dibuka-tutup. Karena pada ketika pintu geser yang menggunakan sistem elektrik  pada saat mesin mati akan mengurangi aki. 

2. Jangan Mempercepat Gerakan Pintu

Ketika pintu dibuka atau ditutup jangan mempercepat gerakan pintu. Biarkan saja sistem kerja elektrik bekerja sesuai hingga selesai. Apabila tak sabar ingin mempercepat proses tutup, dipastikan akan mengurangi kinerja sistem elektrik pada pintu geser tersebut.

3. Pastikan Laher Dalam Kondisi Baik

Jika laher sudah mengeluarkan suara, maka segera lakukan perawatan dengan memberikan pelumas agar lebih licin dan mengurangi bunyi yang mengganggu. Usahakan pelumas tidak menetes kemana-mana ketika mengolesinya.

4. Bersihkan Area Rel Secara Berkala

Rel yang jarang dibersihkan akan menimbulkan kotoran sehingga menyumbat pergeseran pintu mobil. Untuk mengatasi masalah ini, area rel harus dibersihkan secara berkala. Bersihkan dengan cairan berkualitas, selain membersihkan juga sekaligus merawat rel tetap dalam kondisi baik.

5. Berikan Pelumas Parafin Pada Rel

Setelah membersihkan area rel, langkah selanjutnya adalah olesi area rel dengan menggunakan pelumas pasta yang mengandung parafin. Jangan gunakan yang mengandung oli, karena oli akan memudahkan debu dan kotoran untuk menempel.

 

Share