16 January 2021 05:00 WIB

Hyundai Ioniq Electric Dapat Menghemat Daya Ketika Baterai Rendah

Kehabisan bahan bakar di tengah jalan merupakan sebuah hal yang sangat tidak diinginkan. Apalagi, “bahan bakar” mobil tersebut merupakan listrik yang pengisiannya tidak semudah bahan bakar lainnya.

Untuk itu, akan sangat bahaya tentunya bila tidak sadar ketika pasokan listrik sudah habis namun tetap berjalan seperti biasa dan malah habis di tengah jalan.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Hyundai Ioniq Electric bisa menyadari ketika baterainya akan habis dan akan menghemat daya sebanyak mungkin. Bisa dibilang seperti mode Power Saving pada ponsel ketika hendak kehabisan daya.

Jika baterai diindikasikan sudah mau habis, maka Hyundai Ioniq Electric akan mengganti mode berkendaranya ke Eco Plus. Mode ini pun akan mengurangi respon motor listrik agar lebih konservatif kepada energi yang dimilikinya.

Selain itu, AC pada Hyundai Ioniq Electric pun akan dimatikan agar kompresor tidak membebani mesin. Namun, AC akan tetap berhembus dari ventilasi AC, hanya saja udaranya tidak dingin. Tetapi bila AC sudah dinyalakan sebelumnya, masih ada sisa-sisa udara dingin selama beberapa menit ke depan.

Dengan fitur tersebut, maka jarak tempuh Hyundai Ioniq Electric bisa terus dimaksimalkan secara otomatis tanpa mengubah-ubah pengaturan pada mobil.

Share