28 August 2020 22:38 WIB

Mengutamakan Safety Sekaligus Menghemat Space

Teknologi mobil semakin maju. Mulai dari sistem infotainment yang lebih canggih, hingga hal sederhana seperti rem tangan atau yang sekarang biasa disebut rem parkir yang kini digerakkan oleh sistem elektronik. 

Rem tangan elektronik atau yang punya nama resmi Electronic Parking Brake (EPB) adalah fitur teknologi baru yang hebat yang menjadi semakin umum pada mobil baru. Beberapa model Hyundai menawarkan rem parkir elektrik, di Tanah Air bisa ditemui di Hyundai Tucson dan Hyundai Santa Fe. 

Jika Anda ingin mempelajari cara menggunakan rem parkir elektronik di Hyundai, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Aktifkan Rem Parkir Elektronik

Saat kendaraan "parkir", tekan pedal rem lalu tarik sakelar rem parkir elektronik untuk mengaktifkan rem. Rem parkir tidak akan aktif tanpa menekan rem.

2. Non-aktifkan Rem Parkir Elektronik

Untuk melepaskan rem parkir elektronik, tekan pedal rem lalu tekan sakelar rem parkir ke bawah. Rem secara otomatis akan lepas jika pintu terkunci, mesin hidup dan pengemudi berpindah ke "drive" atau "mundur" dan menekan pedal gas.

Agar kita semakin jernih mendalami fitur ini, ada baiknya kita mengetahui cara kerja rem tangan dan rem parkir elektroniik. Pada rem tangan konvensional, ketika kita menarik tuasnya, maka akan ada sebuah kabel yang ditarik. Kabel itu terhubung dengan mengencangkan rem dan menahan ban.

Sedangkan prinsip kerja rem parkir elektronik tidak berbeda jauh. Hanya saja ketika kita mengaktifkan tuas rem parkir elektronik, sebuah motor elektrik akan bekerja dan mengencangkan rem untuk menahan roda belakang.

Lantas mengapa fitur ini semakin sering digunakan? Ada beberapa jawaban karena kelebihan yang diberikan oleh rem parkir elektronik ini.

Yang pertama adalah menghemat tempat. Dengan menghilangkan tuas rem tangan yang besar, konsol tengah pada mobil menjadi lebih lega dan seringkali mempengaruhi desain menjadi lebih sederhana dan tidak dirusak oleh tuas rem tangan yang besar.

Kemudian, sistem ini bisa membantu pengemudi yang mungkin sering kelupaan menurunkan rem tangan, seperti pada Hyundai Tucson ataupun Hyundai Santa Fe dimana kedua mobil tersebut memiliki fitur Auto Hold yang bisa dinyala-matikan. 

Saat sistem ini dinyalakan, sistem akan otomatis melepas rem tangan ketika terdeteksi mobil ingin bergerak seperti injakan pedal gas. Begitu juga sebaliknya, sistem akan secara otomatis memasang rem tangan ketika mesin dimatikan. Dengan demikian, mobil tidak akan meluncur ketika diparkir karena rem tangan lupa dinyalakan.

Kesimpulannya, EPB adalah fitur yang mengutamakan safety sekaligus menghemat space. Hyundai Lovers sendiri, lebih suka rem tangan konvensional atau rem parkir elektronik?

 

Share