23 August 2020 21:22 WIB

Mulanya Hanya Terpasang Di Mobil Balap F1

Meratanya fitur canggih pada mobil-mobil Hyundai saat ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Pasalnya, ada salah satu perkembangan teknologi dunia balap yang kini diadopsi oleh Hyundai yaitu Paddle Shift. Fitur canggih ini mulanya hanya terpasang di mobil balap Formula 1. 

Awalnya penyematan fitur Paddle Shift pada mobil balap ini berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan transmisi dengan tangan dalam keadaan masih menggenggam kemudi. Tujuannya untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi pembalap dalam mengemudi dan kedua tangan tetap pada setir. Paddle Shift pada Hyundai didesain terpasang dibalik kemudi, agar mudah dijangkau oleh pengemudi. Penggunaan Paddle Shift dapat meningkatkan sensasi sporty karena fitur ini selaras dengan mobil balap dan dapat digunakan dalam segala kondisi.

Melalui Paddle Shift, hal lain yang bisa dilakukan adalah engine brake, karena sistemnya sama seperti persneling. Engine brake adalah salah satu cara mengurangi kecepatan mobil dengan menurunkan putaran mesin. Ketika dalam kecepatan tinggi dengan menggunakan Paddle Shift dan secara bersamaan harus melambatkan laju kendaraan, yang harus dilakukan adalah melepaskan gas dengan perlahan dan menekan turun Paddle Shift.

Akan tetapi usahakan ketika melakukan engine brake, untuk menurunkan transmisinya dilakukan secara bertahap. Tujuannya agar memastikan girboks transmisi tetap aman. 

 

 

Share