25 October 2020 20:34 WIB

Kerusakan Ban Macam Apa Yang Wajib Diganti?

 

Ban merupakan sebuah komponen yang harus diganti setelah masa atau jarak tempuh tertentu. Namun, layaknya komponen lain, ban bisa rusak sehingga harus dibenarkan atau diganti sepenuhnya.

Beberapa kerusakan ban seperti terkena ranjau paku memang bisa dengan mudah dibenarkan misalnya dengan menambal ban. Tetapi, sampai manakah perbaikan pada ban diperbolehkan? Berikut beberapa kondisi kerusakan ban yang mengharuskan melakukan penggantian.

1. Sidewall Rusak

Sidewall atau dinding ban merupakan salah satu struktur utama pada ban. Bila sudah terjadi kerusakan seperti retak, lebih baik langsung diganti karena ban berpotensi mengalami kerusakan lebih lanjut seperti pecah ban bila terus digunakan.

2. Banyak Tambalan

Ketika ban sudah ditambal terlalu banyak, apalagi ada 1 tambalan yang berukuran besar, sebaiknya ban tersebut diganti. Tambalan yang besar dan banyak sudah merusak struktur ban pada umumnya. Ban bisa mengalami dekonstruksi bila terus digunakan demikian.

3. Ban Benjol

Benjol pada ban bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti cacat produksi. Namun, umumnya hal ini terjadi karena ban pernah menghantam sesuatu dengan keras, seperti menabrak trotoar atau lubang di jalan contohnya. Benjol pada ban akan mengakibatkan berkendara menjadi kurang nyaman karena ban tidak rata. Selain itu, bagian benjol bisa menjadi tempat ban pecah.

4. Keretakan

Ban yang jarang digunakan sering mengalami keretakan dan terlihat seperti pecah-pecah. Hal ini disebabkan karena karet pada ban mulai getas dan mengeras. Keretakan ini juga menandakan ban sudah kering dan keras sehingga performa ban semakin berkurang.

Meskipun ban relatif minim perawatan, tetap perhatikan kondisinya ya Hyundai Lovers. Bila memerlukan pedoman untuk mengetahui kode pada ban, bisa membaca artikel sebelumnya (https://hyundaimobil.co.id/news/details/6-kode-penting-agar-tak-salah-beli) yang juga memiliki spesifikasi ban dari mobil-mobil Hyundai di Indonesia.

Kalian juga bisa berkonsultasi dengan Service Consultant di setiap dealer Hyundai terdekat kalian untuk mengetahui kondisi ban. 

 

Share